Pages

Kamis, 16 Agustus 2012

Perahu Kertas.pdf


“…Ku bahagia
Kau telah terlahir di dunia
Dan kau ada diantara milyaran manusia
Dan ku bisa, dengan radarku,
Menemukanmu…
-Maudy Ayunda, Perahu Kertas-

Bagi saya, tanda suatu karya yang sempurna adalah karya yang bisa bikin saya jadi … merinding. Seperti ada aliran listrik yang merambati hati, emosi dan jiwa. Seperti ada gejolak yang membuncah keluar setiap kali nyawa karya tersebut telah merasuk ke dalam diri saya. Ah! I really love how its work!

Salah satu karya yang sanggup membuat saya merinding adalah … Perahu Kertas. Baik dalam bentuk film, buku maupun soundtrack. Karya fantastis Dewi Lestari itu tidak pernah melewatkan kesempatan untuk menebar decak kagum dan rintik puji pada milyaran sel di tubuh saya.

Perahu Kertas memberi banyak hal kepada saya. Tentang kisahnya. Tentang pandangannya. Tentang inspirasinya. Tentang betapa ajaib dunia ini. Tentang impian. Tentang hasrat terpendam. Tentang Neptunus Sang Dewa Laut. Tentang kebersamaan. Tentang persahabatan. Tentang bagaimana mempercayai sebuah mimpi. Tentang kehidupan—yang tak selamanya sama seperti yang kita dambakan. Tentang pengorbanan. Tentang cinta. Tentang rasa pedih—karena ditinggalkan. Tentang kenyataan yang pahit. Tentang cemburu. Tentang rasa sakit. Tentang rasa sesal. Tentang rencana Tuhan. Tentang Sakola Alit. Tentang Jenderal Pilik. Tentang dongeng. Tentang lukisan. Dan tentang menjadi diri sendiri. Juga tentang banyak hal lainnya.

Perahu Kertas mengajari saya untuk tidak pernah takut bermimpi.
Perahu Kertas, dengan semua elemennya, membuat saya … jatuh cinta.
Tetapi, setelah saya analisa, rupanya tak hanya Perahu Kertas yang membuat saya terpikat. Saya rasa, saya juga jatuh cinta dengan … Kugy.


Kugy, seorang tokoh perempuan yang mungil, pengkhayal dan berantakan. Dari benaknya, mengalir untaian dongeng indah. Dan yang paling saya suka, Kugy … selalu punya mimpi.

Saya suka dengan perempuan seksi. Buat saya, perempuan seksi bukan mereka yang mengumbar aurat atau mempertontonkan lekuk tubuh secara gamblang, anomali dan cuma-cuma. Perempuan yang seksi adalah perempuan yang memiliki mimpi dan ia berani berlari untuk menggapai mimpinya. Tak pernah menyerah meski berulang kali terjatuh. Dan percaya, bahwa sesuatu yang ia impikan adalah nyata.

Saya sering bertanya-tanya, seseorang seperti Kugy, apa benar-benar ada di dunia ini?

Ah, saya yakin … pasti ada. Saya hanya belum tahu dimana saat ini ia berada. Mungkin ia berada sangat dekat dengan saya—tapi saya belum menyadari. Mungkin ia berada jauh dibalik senja itu, termenung ditemani secangkir kopi. Atau mungkin, ia sedang berada di suatu tempat, juga sedang menulis. Tentang perasaannya. Tentang mimpinya. Mengharap seseorang akan menghampirinya…




            …untuk melayarkan sebuah perahu kertas menuju Neptunus, bersama-sama.

Apa kamu memiliki mimpi, seperti Kugy?
Kalo iya, boleh minta nomor handphonenya? :D

(.‘’)(‘’.) (.‘’)(‘’.)

Matur nuwun sudah kersa pinarak ke gubuk kecil saya
Sebuah gubuk, tempat menabung potongan kejujuran dan cuplikan angan

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks for Reading. Follow my instagram account @abadikanmu and see you there!