Pages

Selasa, 15 Mei 2012

Kejutan Ulang Tahun


            Sebentar, biar aku menebak sedikit..
            Kamu lagi deg-degan plus bingung, karena seseorang yang kamu sayang, dalam waktu dekat akan berulang tahun. Kamu pengen ngasih sesuatu yang special di momen sekali dalam setahun di hidupnya itu. Tapi, sialnya, kamu nggak tau harus ngapain?
            Lalu, di dalam hati kecilmu, ada semburat senyum. Dengan sombong kamu berpikir..
            ‘ah ntar aja nyarik artikel di Internet. Gampang.’ Katamu dengan senyuman kemenangan.
            Dan setelah memasuki warnet, ingin berburu artikel ulang tahun. Ternyata?
            Nggak segampang yang kamu kira. Nggak seperti yang kamu bayangkan. Nah lo ! :p

            Untuk itu, aku menulis postingan ini. Jadi buat kamu-kamu yang lagi suntuk nggak keburu dapet wangsit. Padahal udah bertapa di gua, udah hilir mudik ke rumah dukun dan udah ngapalin banyak mantra. Tapi naas, kamu belom dapet mukjizat.
            Tenang. Nggak perlu menyembelih sapi untuk nyiapin sesajen.

            Baca aja, how to make a special surprise for her birthday..


            Ketika mendengar kata kejutan, sel-sel di otak kita menangkap satu kata: kaget. Kompilasi dari rasa shock, rasa senang, haru, nggak percaya, bingung, bahagia, kesal, malu dan manja campur jadi satu. Untuk merealisasikan semua rasa tersebut, dalam rangka membuat kejutan, kamu harus memiliki senjata ampuh: rencana yang matang.

            Sebenarnya setiap dari kita, pasti punya definisi kejutan yang berbeda-beda. Namun, semua memiliki tujuan yang sama. Ingin mengistimewakan momen yang teristimewa.

Barangkali, beberapa di antara kita menganggap kejutan hanya sebatas memberi tanpa di ketahui. Kejutan hanya di nilai sebagai bentuk surprise untuk orang yang disayang, dengan cara memberikannya secara diam-diam atau sembnyi-sembunyi.

            Kalo buatku, kejutan bukanlah hal yang bisa digampangkan. Untuk mencapai tingkat kepuasan dan kebahagiaan yang maksimal, semua perlu rencana. Semua harus tersusun rapi, terpantau dan penuh pemikiran. Di jamin, pasti orang yang kamu sayang akan menjadi lebih sayang padamu.

            Dalam memberi kejutan atau membuat rencana kejutan ulang tahun, memang kamu bisa berkerja sama dengan orang lain. Ya, itu bisa menambah ide kita menjadi lebih kreatif, karena bukan hanya cerita sandiwara yang semakin terlihat nyata, namun juga karena tidak hanya satu kepala yang merencanakannya. Kamu bebas berekspresi dalam membuat kejutan. Lalu bagaimana jika kamu harus membuat kejutan sendirian?

            Mudah. Kamu tinggal membuat rencana, lalu melakoninya.
            Misalnya dalam konteks ini, kamu akan memberi kejutan untuk ulang tahun pacar kamu. Sebut aja namanya Si dia. Dia ultah pada hari rabo. Sedangkan kita akan memulai tahap pertama di hari senin. Ini yang harus kamu lakukan:

            Tahap pertama dalam membuat rencana adalah membuat statistik. Untuk mencapai hasil prima, kejutan biasanya di mulai tiga hari sebelum hari H. Statistik ada bermacam-macam tapi yang paling paling sering digunakan adalah statistik gelombang.
            Statistik gelombang lebih di tekankan pada kadar emosi yang naik turun. Dengan harapan supaya Si dia bisa terombang ambing kesensitivannya. Caranya?

            Pada hari Minggu, buatlah masalah yang bisa memporak-porandakan pondasi kekokohan hatinya. Apa aja, sesuatu yang bisa membuatnya marah, cemberut, jengkel atau menangis. Lalu pada hari senin pagi hingga siang, gunakan untuk meminta maaf. Usahakan dia memberimu maaf. Rayu dia, bilang kalo kamu nggak akan melakukan kesalahan yang sama seperti kemarin. Setelah itu, buat dia seakan percaya sama kamu. Selama seharian, ajak atau temani dia kemanapun dia mau. Jadikan hari Senin adalah hari yang menyenangkan untuknya.

            Nah, pada Senin malam, lakukan hal yang sama seperti hari minggu malam. Buatlah masalah baru, tapi jangan masalah yang sama. Buat seolah, dia benar-benar bersalah. Bilang ke dia, kalo kamu nggak mau tau, kamu terkena dampak akibat kesalahan dari si dia. (Meski sebenarnya dia memang nggak salah).

            Disaat itu, tingkatkan sifat egois yang kamu punya. Padukan sifat egois, cuek, posesif, nggak mau ngalah, dan sensitive menjadi satu di dalam dirimu. Dia pasti akan mengeluh akan perubahanmu. Tetap pertahankan. Tambah bumbu untuk aroma masalah yang kamu buat. Terus lakukan seperti itu hingga Selasa pagi tiba.

            Sama halnya dengan kemarin, Selasa pagi hingga siang, minta maaf ke dia. Bilang, kalo kamu nyadar bahwa kemarin itu kamu yang salah. Bukan dia. Jelasin, kalo kemarin malam adalah hanya kesalahpahaman yang nggak perlu dipermasalahkan. Janji ke dia, kamu akan nurut sama dia dan nggak akan mengulangi kesalahan yang sama, lagi.

            Malamnya, rangkai rajutan rasa cemburu dari dirinya. Tinggalkan dia sendirian menunggu pergantian tahun di hidupnya. Jangan lupa untuk ijin sebelum pergi, bilang aja kamu lagi di ajak temen cewe ke suatu acara—yang enggak terlalu penting. Dia pasti akan jenuh, khawatir dan curiga. Ujung-ujungnya dia akan menanyakan keadaan kamu, posisi kamu, dan mempertanggung jawabkan janji kamu tadi siang. Cuekin aja dia. Jangan bales smsnya. Jangan angkat teleponnya. Buat dia semakin bertanya-tanya.

            Hari H telah tiba. Hari rabo, ulang tahunnya. Ini saatnya untukmu memutarbalikan fakta. Temui dia, ajak dia berdiskusi utnuk membahas masalah kemarin. Bilang, kalo kamu pengen menyelesaikan masalah secara baik-baik.

Tapi pada kenyataannya, ketika ketemuan, usahakan untuk marah atau ngomel gak jelas ke dia. Bilang, kalo kamu risih dengan kelakuan dia yang cemburuan. Bilang, kalo kemarin kamu bener-bener merasa terganggu dengan sms dan telepon dia. Ungkapin kalo kamu sedang ada urusan dengan temen cewe dan nggak mau diganggu. Katakan, kalo dia itu tipe cewe yang nggak pengertian. Dan kamu nggak suka dengan sifatnya itu.

            Di tahap ini, acting kamu bakal di uji. Buatlah sandiwara, berantem adu mulut sama dia. Buat dia sampai marah, atau malah menangis. Hingga..

            Di sela tangisannya, dari arah belakang, temenmu yang sudah kamu mintai bantuan, membawakan roti tart lengkap dengan lilin di atasnya. Datang dari belakang, pelan-pelan, tanpa bersuara. Dan hap..

            Lagu Happy Birthday to You dinyanyikan.

            Jelaskan secara singkat padanya bahwa tiga hari yang lalu sampai hari ini.. kamu cuman berakting. Kamu lakuin semua itu untuk semata-mata, memberi kejutan untuknya. Kejutan yang tak akan dia lupakan.

PS : Siapin tepung, telor dan air. Kalo perlu, ketika itu juga, beri dia kado yang berisi hewan paling ditakutinya. :)

            Tips :
·         Jika kamu bingung, mau bikin masalah tentang apa, kamu bisa mempertimbangkan bahan berikut ini sebagai inspirasi permasalahan: dateng telat, ingkar janji, jutek dan cuek, bersikap egois atau njarak.
·         Kalo kamu masih bingung, kamu bisa menggunakan sarana kepekaannya sebagai sumber permasalahan. Seperti: ungkit-ungkit tentang mantan, sering membahas cewe lain disaat ngobrol berdua, cari hal-hal yang bisa membuatnya terlihat bersalah.
·         Tentunya, rencana penjahilan yang matang harus diimbangi dengan rencana lainnya yang matang pula. Jangan sampai lupa: membeli kue tart, membeli lilin angka umurnya, menyiapkan kamera untuk dokumentasi dan membuat naskah sandiwara.
·         Hari Selasa harus: udah punya gambaran tentang waktu pembelian kue tart, mensurvei tempat (ini penting), beli kado, nyiapin hewan paling ditakutinya (kalo perlu)
·         Hari H semuanya harus ‘tanpa ada halangan’. Cari waktu untuk: menyiapkan air, tepung, maupun telur.
·         Setelah semua acara ‘kejutan ulang tahun’ selesai, jangan asal pergi. Bersihin dulu tempat kejadian perkaranya. Untuk menghindari cemooh dari orang lain.
·         Kalo perlu, untuk jaga-jaga aja, bawain baju ganti untuk si dia. Siapa tau dia abis ulang tahun, terus acara gebyur-gebyuran membuatnya terbungkus tepung dan bau amis telur. Kan nggak asik, abis kejutan ulang tahun, pulang boncengin dia pake motor, dengan penampilannya yang semrawut dan bau.
·         Semua bisa terlaksana sesuai rencana, tapi kamu harus jeli dalam memberi pressure kepadanya. Intinya, ini cuman kejutan. Jangan berlebihan.
·         Semua udah rampung, rencana udah jadi, perabotan udah siap.. lalu sisanya? Berdoa kepada Tuhan supaya dengan rahmatNya acara kejutan mu bisa berjalan lancar. Amin.


Semoga bermanfaat.
Selamat mencoba.

(.‘’)(‘’.) (.‘’)(‘’.)

2 komentar:

pradit ahmad rifai mengatakan...

keren abis bro
sukses

Unknown mengatakan...

Gue suka ide lo broo, thanks yaa...

Posting Komentar

Thanks for Reading. Follow my instagram account @abadikanmu and see you there!